• +(0651) 21019
  • lpju@bandaacehkota.go.id
Dimintakan kepada seluruh Geuchik untuk mengecek data survey lampu pada gampong masing-masing, apabila data lampu tidak ada di dalam Aplikasi harap dilaporkan untuk dapat di proses perbaikan lampu pada Gampong anda, Terimakasih.

Halaman Berita


Pemindahan Lampu Jalan Akibat Pembangunan Fly Over Simpang Surabaya

  • Ditulis Oleh : Abdullah, ST
  • Tanggal : 26-09-2016 / 05:18:33
  • Dikunjungi sebanyak : 83 Kali

Pembangunan Fly over Simpang surabaya yang dimulai beberap waktu yang lalu, mengakibatkan gangguan pada penerangan jalan di area tersebut. 15 Batang tiang lampu penerangan jalan umum harus dipindahkan ke lokasi lain yaitu 10 batang di jalan Tgk. Chik Ditiro dan 5 batang di jalan Nyak Adam Kamil I.

Pekerjaan ini mengakibatkan terganggunya penerangan jalan untuk beberapa saat yang akan datang. Pemindahan lampu tersebut di bebankan kepada Pemko Banda Aceh. Pihak Pelaksana fly over hanya membantu pembuatan pondasi baru sebanyak 15 titik. Lampu dan sebagian besar kabel digunakan yang existing. 

Tim PJU harus bekerja keras untuk memindahkan dan memasangan kembali lampu tersebut pada dua lokasi tersebut. Pemindahan menggunakan mobil PJU untuk mengangkat dan Mobil Truck untuk memindahkan. Setiap malam hanya mampu dipindahkan 2-3 tiang karena kondisi lalulintas yang padat. Pembukaan lubang kable pada pondasi harus dilakukan dengan jack hammer karena lubang yang di sediakan sangat kecil. Pemasangan kabel tanam menggunakan kabel NYYFGY 4 x 10 mm2 merupakan kabel dari lokasi lama dan 3 x 6mm2 kabel baru karena sebagian kabel lama hilang saaat pembongkaran median oleh pelaksana fly over, kabel ini berfungsi sebagai penghantar arus dari panel ke MCB tiang serta kabel NYM 2 x 2,5 mm2 merupakan kabel baru karena yang lama tidak dapat digunakan lagi, kabel NYM tiang sebagai penghantar arus dari MCb tiang ke lampu.

Mempertimbangkan pencahayaan dan penghematan maka untuk lampu kami ganti dengan lampu LED 90 watt sebagai upaya penghematan energi. Lampu ornamen existing sudah tidak layak lagi digunakan selain usia dan juga cahayanya tidak optimal menerangi area jalan. Lampu ornamen akan dibongkar tim PJU secara bertahap,  

Masyarakat di sekitar sangat mengapresiasi upaya tim PJU karena dapat menikmati pencahayaan yang lebih baik dari sebelumnya.